Agustus 26, 2013

Menggapai Cinta Bersama Sentra Kerohanian Islam

Menggapai Cinta Bersama Sentra Kerohanian Islam - Kehebatan sebuah organisasi terletak pada ukuran seberapa besar kreativitasnya. Tanpa kreativitas yang tinggi, saya pastikan sebuah organisasi akan mati suri. Sebab, segala aktivitas yang dilakukan akan terasa jadi beban semata. Aktivitas tidak membawa hasil selain kekecewaan dan kegagalan semata. Tenaga terkuras, tubuh letih, malas dan akhirnya tak membuahkan hasil. Maka solusi satu satunya melawan kondisi itu adalah kreativitas. Itulah alasan klasik mengapa, kreativitas yang menjadi barometer keberhasilan sebuah organisasi.

SKI UNG














Ngomongin organisasi, saya akan fokus saja ke Sentra Kerohanian Islam (SKI) Universitas Negeri Gorontalo. Kebetukan, organisasi ini adalah organisasi favorite di kampus merah maron. Kalau penasaran, yuk kita bedah sisi kehebatannya.  Saya yakin, teman-teman akan tergoda untuk mencelupkan diri dan bergabung.


Di kampus Merah Maron ini, Sentra Kerohanian Islam adalah wadah organisasi paling kreatif. Bayangkan, sudah lebih dari 10 tahun tetap eksis. Setiap tahunnya melakukan gebrakan yang unik yang tidak terpikirkan oleh organisasi lainnya.

Bagi kadernya yang suka bercinta dengan dunia maya, diberikan kebebasan menulis apa saja tentang SKI, termasuk apa yang saya tuliskan ini. Bagi yang suka dengan Ilmu teknologi, seperti belajar linux, desain grafis, editing video and lain-lain, di SKI punya kader di bidang itu. Tingal memilih saja, teman-teman  mau masuk zona mana.  Pokonya asyik dan mantap.

Maaf curhat dikit ya, Awalnya, saya adalah mahasiswa fanatik dan tidak suka dengan aroma “sok Islamis”. Saya adalah oposisi garis keras mewalan segala apa yang mereka lakukan. Waktu ternyata bercerita lain. Dia menarasikan alur jejak kehidupan kampus saya untuk melabuhkan iman bersama mereka. Ya mereka yang penuh dengan sejuta kreasi dan fantasi.

Resmi, pada semester 3 saya bergabung bersama organisasi ini. Sambutan cinta mereka begitu hangat memeluk hati. Masih terbayang saat malam itu, malam dimana  masa-masa training angkatan pembinaan karakter saya dulu. Malam penuh keheningan. Malam tanpa suara ribut dalam tidurnya alam. Yang ada hanyalah siraman rohani, bagimana mengiklasakan diri berjuang dalam barisan da’wah.

Saat itu, rasa haru dan bahagia bercampur aduk menjadi satu dan mengobok-obok hati. Di balik tirai keharuan itu, ada setuja keikhlasan yang mereka suguhkan, ada seberkas keihkalasan yang mereka sajikan, ada segenggam harapan yang mereka tanamkan. Rasanya, hati saya begitu mantap menerjang gelombang masa depan.

Saat ini, organisasi ini telah mengantarkan dan mendidik saya menjadi orang yang lebih baik dari hari kemarin. Kalau kemarin sholatnya masih bolong-bolong, Alhamdulillah dalam organisasi ini, saya bisa menjaga aktivitas ibdah itu secara continue. Saya menjadi ramah kepada setiap sahabat di kampus, mulai dari yang suka cekik “Botol Miras”  sampai yang suka meras, kini menjadi sahabat akrab saya. Setidaknya, didikan organisasi islam ini menjadi senjata ampuh dalam seni berhungan dengan namanya manusia. Itulah sepintas tantang jalan saya ketika “tersesat” di organisasi Islam yang satu ini. Nah berikut sedikit pengantar buat teman-teman mahasiswa baru. Saiapa tahu bermanfaat. Silahkan dicicipi dulu narasinya.

Spesial for Mahasiswa baru !


Dari sedikit catatan perjalanan saya tentang organisasi, saya kira teman harusnya juga harus cerdas dalam memilih dan memilah sebuah organisasi. Banyak organisasi kampus yang notabene adalah organisasi  islam dan dengan tegas “mendeklarasikan” da’wahnya, tapi sayang jauh dari islam.  Saya tidak mengajak teman-teman untuk bergabung bersama SKI, tapi saya berharap teman-teman mampu menjadi orang yang mandiri dan berprestasi. Olehnya itu, saya hanya ingin membuka tangan dan mengucapakan “Selamat datang di kampus peradaban” . Ucapan selamat datang ini pun pertanda Sentra Kerohanian Islam membuka hati dan kesempatan terbaik buat teman-teman untuk meledakkan potensi yang teman-teman miliki bersama kami, Sentra Kerohanian Islam.

Andai kata teman-teman masih ragu, mungkin sedikit saya memberikan mengapa kita harus memilih organisasi islam sebagai rumah terbaik.

Cinta dan Keikhlasan
Dalam organisasi islam, selalu ada cinta yang dibangun. Tentu cinta yang dilandaskan kepada sang khalik, yakni penguasa hati yang abadi. Saya pastikan, sekali jatuh cinta di SKI kita  bakalan rindu sepanjang hidup, hehhe...peace ! campage ! 

“Cinta macam apa yang dimiliki SKI?” Mungkin sepeti itu dalam pikiran teman-teman. Jawabnya singkat saja, cinta persaudaraaan yang dilandasi syariat islam. Jenis cinta apa tuh? Ya jenis cinta yang islami, dimana kita dibangun rasa cinta tapi selalu diniatkan karena Lillahi ta’ala. Spesial kajian cinta karena Allah teman akan meccicipi materinya ketika sudah bergabung bersama SKI.

Dulu, saya semester empat, saya jatuh sakit dan mengurung di dalam kamar kost. Keluarga jauh, ibu bapak apalagi. Rasanya mau mati saja. Kesakitan di kamar sendiri tak ada tempat untuk mengeluh dan berkeluh kesah. Akhirnya, kondisi saya y tersebar dikalangan kader SKI. Tak mau terlambat, akhirnya teman-teman SKI langsung memboyong saya ke rumah sakit. Padahal waktu itu, masih penyakit kanker juga ( kantong kering maksudnya ya!) . Saya hanya bisa menatap sahabat saya waktu itu, Agus Gobel namanya. Sahabat yang merekrut  dan “Menipu” saya hingga akhirnya jatuh cinta di SKI.

Dengan cepat, ia mengurusi adminitrasi rumah sakit, sampai akhirnya saya mendapatkan ruang untuk rawat. Dalam hati saya berkata, “ya Allah, andai kata saya dulu melihat cinta ini jauh sebelum saya ke kampus, mungkin saya tidak membenci mereka”. 

“Akh sudah, kalau antum mo makan, bilang saja makan apa” begitu kata sahabatku itu.

“Trus uang dari mana?”

“Sudah aman itu, ada sudara lainnya yang bawakan”. Dia hanya tersenyum seakan tak ada titik beban yang terancar dari wajahnya.

“Ya Allah sungguh mereka bukan sekedar sahabat, tapi mereka adalah keluarga baruku”. Saya menarik nafas dalam-dalam, rasanya dengan keikhlasannya, penyakit yang saya rasakan terasa hilang dibawa pergi oleh hiruk pikuk keramaian rumah sakit dan lalu lalangnya orang masuk keluar di ruangan itu. Begitulah cinta yang ada di SKI. Sebuah cinta yang saya sendiri sulit untuk mendefinisakannya. Cinta saudara se iman, saling membantu dan menopang tatkala yang satunya menjerit kesakitan.


Cerdas Finasial

Untuk menjadi cerdas, saya bisa pastikan SKI udalah rumah prestasi. Di dalam organisasi ini, kita benar-benar diasah sesuai dengan potensi masing-masing.  Yang suka berbisnis, ada divisi wirausaha. Alhamdulillah, organisasi ini sudah punya kader sukses berbisnis lhoe!. Siapa mereka?

Ada Agus Van Govel, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan bisnis. Kini, dia sudah memili rumah makan sendiri meski pun masih status mahasiswa. Lain lagi dengan saya, usaha campuran, selain kontraktror proyek kampus, saya juga agent tiket online dari perjalanan Gorontalo ( bermitra dengan PT. Elje travel Gorontalo dan Biro tiket.com ).  Dari Usaha itu saya bisa beli motor sendiri, bisa jalan-jalan dengan uang sendiri dan bayak lagi. Pokonya, “Everything is gonna be fun with SKI !”.

Nah, kalau teman-teman mau jadi sukses saat kuliah berjalan, yuk bergabung bersama kita, raih kebebasan finasial. Lepaskan stigma, “ Ah masi mahasiswa, wajar masi minta uang, coba kalau kita so sarjana”. Ini lah sebuah paradigma yang salah. Olehnya itu, organisasi ini membuka tabir kesuksesan untuk teman-teman MABA semua untuk meraih kesuksesan bersama . Banyak bisnis yang bisa kita lakukan dalam linkaran mentoring *Kelompok kajian dalam Sentra Kerohanian Islam. Jika berminat, segera hubungi SKI Center.

Kreativitas yang ngak ada matinya !

Inilah point penting yang tak ada tandingnya dari Sentra Kerohanian Islam. Selalu bergerak dengan segala hal yang unik . Banyak organisasi yang suka bercerita tentang kreativitasnya, tapi realisasinnya hanya sekedar isapan jempol belaka. Berbeda dengan organisasi ini, kader –kadernya mampu menciptakan keunikan yang membuat orang lain merasa terhibur.

Daftar Kreativitas Anak Sentra Kerohanian Islam

ksi Mahasiswa Sentra Kerohanian islam

Dokumentasi Aksi Mahasiswa Sentra Kerohanian islam ! 
Sepeti kata orang, SKI itu anak mesjid, tidak suka demonstrasi dan lain sebagainya. Kata siapa? Tatkala ummat Islam i Palestina, siapa yang menggalang dana? ketika Ummat Islam di myanmar tersakiti, sipa yang di depan menyatakan aksi solidaritas? Tentu  SKI malah yang terdepan. Lihat tuh fotonya di atas.


ksi Mahasiswa Sentra Kerohanian islam
Kalau foto ini adalah aksi protes terhadap mahasiswa yang dipulangkan dari rumah sakit hanya karena aseks sudah kedaluarsa. Anak yang sedang orasi ini anak SKI juga. Dalam organisasi ini saya juga di ajarkan untuk kritis. Inteletual  saya diasah, ibadah dimantapkan, gerakan pun jempolan.  Gimana udah tertarik? 


Bagi teman-teman yang doyan makan, di Sentra Kerohanian Islam juga menawarkan acara makan bareng ala kampung. Bayar? gratis ko, semuanya hanya dipersembahkan buat teman-teman sekalian. 

 
Nah foto yang ini adalah foto teman-teman yang suka bola. Sentra Keorhanian Islam pun pynya tema bola. Dijamin gratis dan bergaransi, Plus tiap dua pekan Insya Allah main di dunia Footsal. Gimana tertarik, ya buruan daftar ya!
Foto yang satu ini lagi  adalah foto team nasyid alias penyanyi terkenal Sentra Kerohanian Islam Universitas Negeri Gorontalo. Salah satu dari mereka adalah peserta Gita bahana Nasional yang berkesempatan diundang oleh presiden dan makan bareng di istana presiden. Gimana mau jadi penyanyi hebat? Sentra Kerohanian Islam terbukti mengasah inteletual mahasiswa dan mengantarkannya sampai puncak keskuksesan. 


Baikah teman-teman ,  saya kira itulah sedikit catatan sederhana saja untuk kalian mahasiswa baru. Siapa tahu ada yang berminat meledekakkan otak cerdasnya bersama Sentra kerohanian Islam, maka dengan bangga kami ucapkan, “Welcome to islam  zone !, full of creativites ” Okay...!! I am Wating for your coming...!!