Juni 04, 2014

Hebat ! Masjid Baiturrahmah Boalemo, Mirip Masjid Kuba Emas Brunei

Masjid Agung Baitrahmah Tilamuta, Boalemo
Masjid Agung Baiturrahmah Tilamuta, Boalemo

Jika ada tujuh keajaiban dunia, maka masjid Agung Boalemo, yang terletak di alun-alun kota Tilamuta adalah keajaiban yang ke delapan. Keindahan masjid Agung ini pantas dinobatkan sebagai masjid megah yang ada di Indonesia. Bentuk dan arsiteknya yang menawan membuatnya setara dengan masjid kuba emas Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam. Meski tidak terbuat dari emas murni seperti masjid kesultanan Brunei, tapi keindahan dan kemegahan masjid ini mampu menyamai masjid dunia yang ketenarannya hingga kawasan asia Fasifik.

Masjid Agung ini harus menjadi kebanggaan rakyat Boalemo. Sebab, masjid ini tidak hanya akan berfungsi sebagai aktivitas dan rutinitas sholat. Akan tetapi, masjid ini akan menjadi wadah pemersatu keragaman pemahaman agama islam yang berada di daerah Boalemo. Harapannya, masjid ini juga bisa dicintai dan dimiliki bersama sebagai simbol persatuan dan toleransi di antara sesama ummat beragama lainnya.

Setiap kabupaten/kota di propinsi Gorontalo, memang memiliki masjid Agung sendiri-sendiri. Seperti di kabupaten Gorontalo, ada masjid Agung Baiturrahman Limboto, di Kota Gorontalo ada Masjid Bairurahmah, dan di kabuoaten Boalemo, ada masjid Agung Baiturrahmah. Semua masjid agung itu memiliki desain yang unik dan berbeda satu sama lain. Khusus untuk masjid, Agung Boalemo, postur bangunannya  mirip Taj Mahal. Akan tetapi kuba masjidnya lebih cenderung mirip dengan  masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Sebuah masjid kuba emas yang ada di Bandar Sri Begawan. 

 Masjid Kuba Emas Brunei Darussalam

Masjid Baiturrahmah ini dibangun di atas tanah yang luasnya mencapai 4000 m2 dengan luas bangunan  masjid  3500 m2. Sehingga daya tampung jama'ah masjid ini bisa sampai 1000 orang. Sementara itu, karena memiliki tanah yang luas, maka dibuatlah tempat  parkir yang luas di sebelah kanan, dan bagian belakang masjid. Selain itu, khusus areal bagian belakang,  dibangun pula perumahan elit untuk imam besar masjid Agung dan sebuah perpustakaan mini tentang dunia islam.


Masjid Agung ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama sering digunakan untuk acara seremonial keagamaan. Meskipun sekali-sekali digunuakan juga untuk sholat tatkala jama'ah membludak. Di lantasi dasar ini pula, ada beberapa ruangan khusus untuk kantor masjid, guna mengatur administrasi. Sisanya, ada beberapa ruangan penyimpanan barang-barang masjid, berupa permadani dan sound system.  Di bagian depan, dari tangga naik ketika masuk ke masjid, dua ruangan tempat air wudhu yang tertutup. Sementara di lantai dua, digunakan khusus untuk pelaksanaan sholat.


Masjid Agung Baitrahmah Tilamuta, Boalemo 
Taman Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo


Jika kita saksikan dari luar, masjid ini benar-benar mirip masjid kuba mas. Satu kuba raksasa yang ada di tengah-tengah dan empat anak kubah di empat sudut. Menurut keterangan yang saya peroleh, lima kuba tersebut digambarkan sebagai lima rukun islam. Masjid ini tidak memiliki empat tiang sahabat nabi, seperti yang ada di masjid Agung Limboto.  Hal lain yang melengkapi kemegahan masjid ini adalah cat bangunan putih ke kuning-kuningan. Sehingga warnanya dasar dinding, diiukti warna kuba mas, menyatu menjadi perpaduan warna yang harmoni. 

Di pelataran masjid, terdapat beberapa kolam ikan. Dua diantaranya berada di pelataran pintu masuk masjid. Dan di sepanjang pintu masuk menuju masjid, para jama'ah akan disambut pelataran dengan pelataran yang indah dengan corak bunga yang terbuat dari batu kerikil putih bersih. Kita akan merasa kagum ketika kita berpijak di atasnya. Hal lainnya yang mejadikan masjid ini nampak indah adalah taman bunga yang penuh dengan beragam bunga. Salah satunya bunga Asoka yang mengelili setiap sudut masjid. Sungguh perpaduan yang luas biasa, antara bangunan megah dengan sentuhan alam yang asri.

 Suara azan dari masjid Agung ini menembus empat penjuru Tilamuta. Sebab Masjid ini memiliki empat pengeras suara yang menghadap ke empat sudut kota Tilamuta. Lebih nyeraing lagi karena pengeras suara masjid berada di atas menara yang tingginya mencapai  sekitar 25 meter. Menara itu berdiri di saping kanan masjid, jika dilihat dari posisi depan.
Tanah berdirinya masjid Agung Baiturrahmah ini, awalnya adalah tanah kawasan pasar tradisional. Oleh pemerintah, pasar tradisional di alihkan ke Modelmo, dengan tujuan untuk menatap kota agar lebih rapi. Lalu, kawasan yang tadinya pasar, kini disulap menjadi masjid Agung Boalemo. Lokasi ini emang strategis, berada di pusat kota Tilamuta, sekitar 100 meter dari lapangan alun-alun kota. Uniknya lagi, masjid ini berseblahan dengan sebuah kereja, hanya hanya dibatasi oleh sebuah aliran sungai kecil. Tetapi, nyaris dua bangunan dengan berbeda agama ini tidak membuat perbedaan di Boalemo menjadi pecah. Semuanya saling menghargai satu sama lain.

Masjid Agung ini merupakan hadiah atau sedekah dari yayasan Moh Gobel, putra Gorontalo yang sukses di dunia bisnis, dengan Brand prodaknya, Panasonic Gobel.

Menara Masjid Agung Boalemo
SEBAGAI BUPATI yang taat beragama, Iwan Bokings, yang kala itu mempinmpin dengan gaya islamis, mendapatakan perhatian khusus dari putra Gobel tersebut. Sehingga, masjid Agung Boalemo pun jadi bak disulap seketika. Dana yang digolontorkan cukup besar, sehingga pelaksaan pembangunan sangat cepat. Pun sebagai bentuk penghargaan, Iwan Bokings, menamakan jalan di jalur masjid itu menjadi jalan Hi. Thayeb Moh. Gobel. 

Menara Masjid Agung Boalemo
Masjid Agung Baiturrahmah dibangun pada tahun 2007 ( kalau saya tidak salah). Pada acara pengresmianannya, didatangkanlah Da'i kondang, Ustad Jefri Al Buckhari. Dengan harapan, mengajak rakyat Boalemo, terutama para remaja untuk lebih encintai masjid. Sebagai titipan, Ustad Jefri kala itu memberi buku "Sekuntum Mawar untuk Remaja" kepada beberapa orang yang telah dipilih. 

Untuk menjaga kemakmuran masjid, Iwan Bokings mengangkat seorang ustad dari pondok pesantren Tilamuta. Yang dulunya beliau adalah guru biasa, kini sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil. Mungkin kedengaran aneh, pegawai negeri ko' di masjid. Begitulah di Kabupaten Boalemo. kabupaten bertasbih ini sangat menghormati para ulama dan menempatkan para tokoh agama dalam posisi spesial. 


Bagi teman-teman yang belum pernah menapakkan kaki di bumi bertasbih Boalemo, saya sarankan untuk bisa berkunjung ke masjid ini walau sekadar mampir sholat ketika di perjalanan. Saya, sebagai putra daerah Boalemo, mengucapkan Selamat datang di kabupaten saya tercinta. 

Idrus Dama
Gorontalo, 5 Mei 2014
Omar Ali Saifuddin Mosque adalah masjid kerajaan Islam yangterletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Kesultanan Brunei. Masjiddiklasifikasikan sebagai salah satu masjid paling spektakuler di kawasan AsiaPasifik dan menjadi daya tarik utama bagi para turis. - See more at: http://artikel-apa-aja.blogspot.com/2013/11/7-masjid-terindah-di-dunia.html#sthash.pOpjz5U9.dpuf