Juni 07, 2014

Mubarika Darmayanti, Ratu Blogger Indonesia


( Foto : Daengbattala.com : Mubarika Darmayanti ) 

" Prinsip hidup saya adalah lakukan yang terbaik. Kerja keras, jangan iri dengan rejeki orang lain. Baik dengan semua orang"

WANITA INI MEMANG tidak setenar JK Rowling dengan karyanya Harry potter yang mampu membius jutaan penduduk untuk mengenalinya dalam waktu sejam. Tidak pula sehebat Kartini dalam bercerita tentang masa depan perempuan. Tapi, Wanita ini hanyalah aktivis dunia maya yang mampu menjadi inspirasi generasi muda, wabil khusus kepada wanita Indonesia dalam membangun perekonomian bangsa melalui usahanya jaringan Idblognetwork, sebuah perusahaan yang mempertemukan pihak advertiser dan publisher dalam dunia pengiklanan online.

Mbak Rika, begitu wanita ini akrab disapa. Mungkin khusus para aktivis dunia maya sudah tidak asing lagi. Wanita kelahiran 19 maret ini telah menjadi jembatan masa depan para blogger Indonesia dalam mendapatkan pengasilan ratusan ribu bahkan jutaan per bulan walau hanya bermodalkan sebuah blog. Ia adalah tokoh yang menjadi karateker yang hebat, bekerja keras untuk membangun perekonomian bangsa ini lewat bisnis online. Dia bersama teman-temanya, Mas Kukuh TW dan Farid sebagai co-founder menjadi garda terdepan atas berdirinya usaha media online Idblognetwork.

Mbak Rika mengaku, ide membangun usaha mesin pencetak uang online ini dimulai pada tahun 2010. Menurut keterangnnya, seperti dikutip dari wawancara Daengbattala, Ia bertemu dengan soulmatenya, Mas Kukuh TW. Kurang lebih, 6 jam pertemuan mereka tersebut menyepakati untuk mendirikan Idblognetwork. Sampai detik ini, Idblognetwork tetap eksis di jagat maya dan bisa memberikan penghasilan yang lumayan bagi para blogger Indonesia. 

Semangat untuk menjadi manusia yang bermanfaat di muka bumi telah menjadi spirit yang kuat yang mamacu serta memicu pergerakannya dalam memperjuangkan kesejahteraan para blogger. Hingga akhirnya, tercatat ada 6 blogger Indonesia yang dikirim ke Hongkong, Disneyland Resort dengan tujuan meliput. Ia berharap, blogger Indonesia lainnya pun bisa terus menikmati hal yang sama. 

( Blogger Indonesia which is supported by Idblognetwork ) 

"Jujur untuk berbagai kerjasama perjalanan keluar negeri, sebenarnya ada beberapa agenda yang dilewatkan oleh IBN. Kami sedang mempersiapkan platform rekomendasi bagi para advertiser tersebut. Mudah-mudahan tahun depan hal ini sudah berjalan lancar, sehingga liputan blogger keluar negeri bisa terus berjalan" tutur wanita jebolan Ilmu Komunikasi Universitas hasanuddin Makassar ini, sebagaimana dikutip oleh Daeng Battala dalam wawancara esklusifnya. 

Atas semangatnya ini, ada banyak blogger yang sukses. Dan secara ekonomi, Mba Rika membuktikan bahwa profesi sebagai seorang blogger adalah hal yang istimewa. Terbukti, sebagaimana diuangkapkan Mba Mubarika bahwa pendapatan blogger ada yang mencapat 45 juta. Bagaimana? fantastis bukan? 

Untuk mencapai kesuksesan di dunia blogging, Mbak Rika tidak hanya memetingkan diri sendiri dan keuntungan finasial. Tetapi, dia bersama kawan-kawannya turut turun langsung menemui para blogger di berbagai daerah. Ia berharap, dengan pertemuan di dunia nyata bisa lebih menambah semangat para Blogger Indonesia menjadi pebisnis online, yakni sebagai Blogpreneur. 

"Target Blogilicious sangat sederhana. PERTAMA ingin bertemu langsung dengan teman-teman blogger yang sudah dan akan bergabung di IBN; yang KEDUA adalah ajang berbagi pengalaman, ilmu, dan pengetahuan dari teman-teman Blogger Senior yang sudah mumpuni di dunia blogging kepada teman-teman blogger muda lainnya" Jelas wanita, yang juga pernah berkarir di AdMax, Femina Group dan  Kompas Gramedia


Blogger Gorontalo
( Dok Pribadi : Foto bersama Blogger Gorontalo dengan team Idblognetwork ) 

Karir Mubarika Darmayanti tidak hanya di Idblognetwork saja. Kini, ia sedang aktif dalam sebuah komunitas baru beranama " Mommistories". Sebuah komunitas para aktivias online khusus bagi ibu-ibu. 

"Saat ini saya sedang asyik menjadi salah satu penggiat komunitas Mommiestories. Komunitas ini adalah simply kumpulan ibu-ibu yang kebanyakan bekerja / entrepreneur usia 20-40 punya anak, tapi masih ingin menggali ilmu dan sharing mengenai keluarga /parenting. Dan lucunya, saya satu-satunya blogger diantara seluruh penggiat. Yang lain ada yang berprofesi sebagai penulis, pendongeng, pelukis, wartawati, chef, pebisnis keperluan rumah dan lain-lain" Tulis Mbak Rika dalam balasan Email saat diwawancarai. 

Lebih lanjut Mubarika Darmayanti mengaku, bahwa apa yang dia lakukan selama ini adalah hanya untuk berbagi inspirasi satu sama lain. Tak lupa, kata Mbak Rika, orang tua adalah orang yang memberinya letupan semangat yang luas biasa hingga bisa mencapai kesuksesan.