Juni 18, 2014

Serial Jurnalistik: Teknik Menulis Judul Berita yang Menarik

Teknik Menulis Judul Berita
SATU HAL yang berpengaruh terhadap minat baca seseorang terhadap satu berita karena judulnya yang menarik. Boleh menggunakan kata-kata yang sedikit propokatif, tapi tetap dalam aturan tertentu. Hal ini karena judul adalah sebuah berita yang mencakup isi keseluruhan informasi detail sebuah berita tersebut. 

Ada beberapa teknik menulis judul berita jika dilihat dari media-media online seperti tempo, kompas, republik, Antara News dan Jawa Post. Masing-masing punya aturan tersendiri dalam menulis berita. Nah, secara umum  ada 6 hal yang perlu diperhatikan agar judul berita menarik dan menggoda pembaca.

  • Dalam Judul harus ada Subjek + Predikat. Atau lebih gampangnya kita harus mengandung unsur :
    - Siapa dan melakukan apa
    - Siapa Mengatakan apa
    -  Apa dan mengapa
  • Disarankan untuk mengindari kata tanya. Hal ini akan menimbulkan kebingan bagi para pembaca. Karena berita diharapkan memberi informasi bukan malah bertanya. sehingga judul seharusnya kalimat utuh.
  • Gunakanlah kalimat aktif. Agar berita terdengar lebih hidup dan bisa memberi nuansa realitas. Berbeda halnya ketika kita menggunakan kalimat tidak aktif. Tentu akan menimbulkan sense kepada pembaca. Misalnya;
    - Anak Angelina Jolie Ingin Ditato
    - Jepang Bebaskan Visa untuk Wisatawan Indonesia
    - Relawan Jokowi Bagi-bagi Tabloid
    - Lokalisasi Dolly dan Jarak Resmi ditutup
  • Menulis judul berita alangkah baiknya berkisar 4 sampai 6 kalimat saja. 
  • Judul harus relevan dengan isi berita. Jangan sampai judulnya lain dan pembahasannya juga lain. Disinilah angle tulisan bermain. Meskipun konflik atau berita panjang pembahasannya, maka menuliskan berita harusnya ada angle, biar lebih fokus pemberitaannya. 
  • Tuliskan Judul yang sangat dekat dengan teras berita. Jangan sampai kalimat pembuka berita jauh panggang dari api. Artinya judul lain, kalimat pembuka berita juga bercetita lain. Singkatnya, Judul berita adalah rangkuman singkat dari teras berita.