Januari 04, 2015

Cara Daftar SNMPTN Tahun 2015 Mudah dan Cepat








Cara Mendaftar SNMPTN Tahun 2015 - Masih banyak juga yang bingung gimana sih cara daftar SNMPTN terbaru yan mudah dan cepat. Bingung? ya wajarlah! Karena teman-teman belum tahu dan belum sempat nanya-nanya ke sekolah gimana caranya. Biasanya sekolah juga males ngasih tahu gimana caranya. Tiba-tiba langsung sudah ada pengumuman si  A Lulus dan si B tidak Lulus. Nah, untuk itu saya tulisakan panduan sinkat ini biar nanti ngak bingung.Saya niatnya membantu saja, karena dulu jua saya dibantu kakak senior. Mereka sampai lupa makan ngurusin saya masuk kampus. Ya dulu saya memang masih bloon gitu..!! Hehe..hehe..

Langkah-langkah Pendaftaran SNMPTN 2015

Pengisian Data Siswa dan Sekolah (PDSS)

1. Pendaftaran itu diawali oleh pihak sekolah. Gimana caranya? Sekolah harus memasukkan data adik-adik sekalian dulu, semuanya ngak terkecuali. Data yan dimasukkan itu disebut dengan data Siswa dan Sekolah (PDSS). Teman-teman ngak usah mikirin yang ini dulu. Karena tahap ini masing tanggunjawab sekolah.

Nanti setelah data sekolah dimasukkan dan nilai teman-teman sudah dimasukkan juga oleh sekolah. Saat itulah teman-teman dipilih mana yang diusulkan oleh sekolah. Setelah itu,  sekolah bakal dapat Nomor Induk Siswa Nasional (NISSN). Nomor itulah yang akan dipakai adik-adik sekalian untuk login masuk ke website Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Alamat situsnya di sini :

* https://pdss.snmptn.ac.id/siswa


Silahkan login pakai nomor yang dikasih oleh sekolah. Setelah masuk ke dalamnya, kalian akan melihat nilai kalian yang dimasukkan oleh sekolah. Silahkan periksa nilai itu apa sudah benar atau masih ada kesalahan. Kalau sudah benar berari sudah bisa verifikasi. Kalau misalnya masih ada yan salah, silahkan hubungi sekolah. Katakan nilai saya salah input. Ini sangat penting, karena nilai raport kamu yan dimasukkan itu akan sangat berpengaruh terhadap kelulusan nanti. Jadi harus lebih kritis kalau soal nilai.

Jika urusan verifikasi nilai sudah selesai. SekaranG kita masuk tahap berikutnya. Teman-teman akan mendaftarkan diri di website resmi SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN


1. Setelah login, nanti akan ada beranda yang akan digunakan. Formulir di dalamnya itu terbagi menjadi 4 bagian.

* Memilih perguruan tingi yang dituju. Silahkan memilih sesuai dengan keinginan. Jangan ikut-ikutan saja. Karena ini akan menentukan nasib kita kuliah. Jadi harus mantap dan bulat hati ketika memilih jurusan dan perguruan tinggi.

Sinkatnya 4 hal yan harus di isi :

1. PTN Pilihan 1
2. PTN Pilihan 2
3. Unggah foto
4. Formulir Pendaftaran

Okey, sekaran kita mulai dari pemilihan Perguruan Tinggi. Teman-teman bisa kok memilih paling banyak 2 Perguruan Tingi ( Kampus) berbeda. Jadi satu kampus di daerah dan satunya boleh di luar daerah tempat tinggal. Dalam dua perguruan tinggi teman-teman dibolehkan memilih 2 program studi di setiap kampus yang dituju. Biar lebih mudah berikut scheen shootnya :

1. Pemilihan Perguruan Tinggi (Kampus Pertama ) dan Program Studi

2. Pemilihan Perguruan Tinggi (Kampus kedua) dan Program Studi. Prosesnya sama dengan di atas.
3. Unggaj foto teman-teman ke website. Gini model form-nya.

 4. Langkah terakhir adalah mengisian formulir pendaftaran. Silahkan isi saja kolom yang sudah disediakan. Isi dengan jujur ya, jangan semabrangan ngisi data, nanti bakal bermasalah. Setelah itu simpanlah data itu.

Catatan Penting :

Khusu buat teman-teman yan memilih program studi  Keolahraaan dan seni. Itu fardu ain alias wajib melampirkan protofolio. Jangan lupa harus ada pengesahan dari kepala sekolah. Kalau bingung soal portopolio itu seperti apa, silahkan download panduannya di laman resmi website : https://web.snmptn.ac.id/portofolio

Sampai di sini, tugas input data sudah selesai. Pekerjaan terakhir adalah finalisasi data. Tahap ini adalah tahap penguncian data. Dimana data yan dimasukkan tidak akan bisa dirubah lagi. Nah kalau masih ragu, periksa lagi. Kalau sudah yakin, silahkan klik finalisasi. Seperti ini :

Finalisasi Data SNMPTN 












Cetak Kartu Peserta SNMPTN 

Setelah finalisasi silahkan download kartunya dan silahkan cetak dan dipress biar rapi. Teman-teman nanti akan jadikan kartu ini nanti ketika melakukan registrasi di kampus. Kartu bakal menjadi kartu syarat utama masuk. Karena nomor peserta akan ketahuan lulus atau tidak.

Lalu bagimana dengan peserta SNMPTN Jalur Bidik Misi? Silahkan Klik di >> SINI ! <<