November 02, 2014

Benteng Otanaha, Teropong Keindahan Daratan Gorontalo

 

Berdiri di atas benteng  memang sesuatu yang menyenangkan. Dari atas benteng, pelancong tidak hanya akan menyaksikan parade rumah tradisional yang di bibir danau Limtoto. Tapi juga bakal mencicipi cita rasa pemandangan yang apik, hamparan sawah membentang luas, danau Limboto yang tenang, corak canvas langit biru dengan sedikit ditemani mega-mega agak kehitam-hitaman. 

Benteng Otanaha, begitu masyarakat Gorontalo menyebutnya, adalah salah satu benteng bersejarah di Gorontalo. Menurut pakar sejarah, benteng Otanaha ini merupakan peninggalan bangsa Portugis yang dibangun pada tahun 1522. 

Dalam catatan sejarah kuno Gorontalo, bangsa Portugis kala itu datang ke Gorontalo untuk membangun hubungan kerja sama dengan kerajaan Ilato. Salah satu bentuk kerja sama itu adalah poyek pembangunan benteng pertahanan. Dengan harapan, Gorontalo bisa lebih kokoh tak terkalahkan,  jika suatu waktu ada pertikaian dan penjajahan dari musuh, seperti para bajak laut. 

Setelah benteng Otanaha berdiri kokoh, perselisihan mulai terjadi. Bangsa Portugis ketika itu telah berniat untuk menguasai tanah Gorontalo. Tak mau harkat dan kerjaan Gorontalo diinjak-injak kedaulatannya, perang pun pecah tak terelakkan. 

Pasukan kerajaan Gorontalo ketika itu dipimpin oleh Ndoba dan Tiliaya. Demi memperkuat pertahan, pasukan ini dibantu oleh pasukan Apitalawo (Kapten Laut). Bergabungnnya dua kekuatan ini berhasil menggempur bangsa Portugis. Pasukan portugis pun dipukul mundur dan legowo meninggalkan tanah Gorontalo. 

Nah, sekarang benteng ini menjadi tempat wisata. Pemerintah telah menjadikan benteng ini sebagai wisata sejarah. Banyak lhoe yang datang berkunjung.  Letak benteng ini berada tepat di atas puncak gunung. But Don't worry plend..plend semua! 

Para pelancong or wiasatawan yang  enggak bisa naik tangga manual, bisa kok bawa kendaraan lewat jalur kanan dari pintu masuk. Ada tuh jalan menuju puncak benteng. Bahkan disediakan lahan parkir juga di atasnya. Kren kan? Come and visit this place! ehem  maaf promosi dikit boleh lah...hehehe...!


Foto-foto Benteng Otanaha Gorontalo
Nah, kalau kita nih  tipikal orang yang suka tantangan, tentu mendaki ke puncak benteng Otanaha dengan menaiki tangga akan lebih menyenangkan. Karena di sepanjang tangga, akan ada banyak spot-spot pemandangan yang  Jempolan Boy. 
Benteng Otanaha
Benteng di atas puncak tuh bukan hanya satu.  Benteng di atasnya tiga buah. Hanya saja, satu nama Benteng yang paling melegenda, yakni Otanaha. Mari kita kenalan dikit lah soal tiga Benteng bersejarah ini. 

Letak 3 benteng di atas itu terpisah sekitar 20 meter satu sama lain. Benteng Otanaha sebagai pusat, yang letaknya berada di puncak. benteng ini diketahui sebagai benteng milik Naha. Sehingga namanya dinobatkan menjadi bentang Otanaha. 

Sementara Benteng yang di bawahnya, tepat berada di depan, menghadap danau Limboto, itu adalah Benteng Ulupahu, yakni Putra dari Naha. Terakhir adalah benteng yang terletak bagian belakang dari Otanaha, itu bernama benteng Otahiya, benteng dinobatkan adalah benteng dari Istri naha, Ohihiya. 

Jika teman belum pernah datang ke tempat yang bersejarah di Gorontalo ini, maka saya sarankan untuk datang. Banyak hal yang bisa teman-teman temukan, baik pengetahuan sejarah dan pemandangan alam yang fantastis. Pokonya kren dah..!! Nah, untuk membuat teman lebih yakin, berikut saya lampirkan foto tentang kunjungan saya ke tempat ini.

Dokumentasi Foto-foto dan Video Benteng Otanaha Gorontalo



Benteng Otanaha