Januari 21, 2014

Sambut Ramadhan, SKI Gelar Aksi Bersih-bersih


Sentra Kerohanian Islam

Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Sentra Kerohanian Islam, Universitas Negeri Gorontalo, menggelar aksi bersih-bersih. Bukan hanya bersih-bersih secara rohani saja, tapi juga bersih-bersih secara fisik. Seperti halnya yang dilakukan di Masjid Kampus Sabilurrasyad, Jendral Sudirman 06, Kota Gorontalo. 

Sebelumnya, organisasi intra ini telah menebar pesan singkat berupa Taujih (Nasehat) ke sejumlah masyarakat kampus. Hal ini diharapkan, pesan tersebut bisa memberikan motivasi kepada mahasiswa maupun dosen untuk segera berbenah diri menyambut tamu agung, bulan suci ramadhan.

Aksi kemudian disusul dengan upaya bersih-bersih tempat Ibadah. Hal ini ternyata bukanlah hal petama kali bagi organisasi islam terbesar di kampus ini. Mereka mengaku,  aktivitas bersih masjid dan tebar sms motivasi, sudah rutin dilaksanakan setiap tahun. Bahkan, di luar Ramadhan pun, aksi bersih-bersih tempat Ibadah dilakukan setiap pekan di hari jumat. 

Aksi ini dilakukan dengangotong royong, semua anggota dilibatkan. Pembersihan dimulai dari karpet merah yang digunakan sebagai alas sholat, jendela masjid , pembersihan kipas angin yang dibalut debu, hingga aksi ngepel di seluruh bagian lantai dan pelataran  masjid.

Khusus untuk kalangan akhwat (Perempuan), mereka melakukan pembersihan di wilayah kanan masjid saja. Pada bagian ini, mereka merapikan mukena yang telah berserakan, mengatur kembali mushaf yang aca-acakan, hingga membersihkan tempat wudhu dan WC.  

Dalam agenda ini, memang kekurangan alat. Yang tersedia hanya ada satu buah Vacum Cleaner, beberapa buah sapu yang terbuat dari lidi dan dua buah sapu plastik pabrikan. Dengan alat sederhana ini, lantas tidak mematahkan semangat para remaja muslim ini untuk terus menuai amal ibadah. Bagi mereka, ini adalah salah satu bentuk rasa kebahagiaan menyambut bulan Ramadhan. Apalagi, sesuai dalil yang mereka yakini bahwa, ketika seseorang menyambut Ramadhan dengan sepenuh hati, maka jaminannya adalah syurga.
Sentra Kerohanian Islam
 
"Man Fariha Bidhuli ramadhan, Haramallahu Jasadahu Alanniran" 


Artinya : Barang siapa yang dengan senang hati menyambut bulan Ramadhan, maka diharamkan oleh allah Jasadnya disentuh oleh Api neraka" ( Hadits ) 

Dengan dasar ini, Kaderisasi, Hasna Dama, berupaya menyebarkan pesan singkat berisi ajakan, dengan jargon, "Sambut Ramadhan dan tempat yang bersih" tulisn Hasna dalam Pesan Singkatnya. 

Sebelumnya, nasehat ini diawali dengan sebuah nasehat tentang keikhlasan. Biar anggota yang menggelar aksi bersih-bersih lebih bersemangat. Sebab, menurut Hasna, ini adalah kesempatan terbaik untuk mengumpulkan serpihan pahala tatkala Ramadhan di depan mata. 

Akhir dari aksi bersih-bersih ini akhirnya ditutup dengan sebuah pesan motivasi yang diberikan langsung oleh Hasna dalam gerakan tebar SMS ( short Message Service ). 

"Pekerjaan apapun, jika diiringi dengan niat tulus, pikiran bersih dan ikhlas, Insya Allah itu adalah amal yang terbaik" tulis Harsna dalam pesannya.