Juli 04, 2014

Pure it Marvella, Teknologi Tepat untuk Air Minum Layak Konsumsi

















"Hati-hati! kurang minum air itu bisa membuat ginjalmu rusak. Asupan air yang kurang, itu membuat ginjalmu bekerja keras, sehingga potensi dia rusak besar" Tutur Diki Setyawan seniorku di Purnacaraka Muda Indonesia Gorontalo. "Kena batu ginjal itu menyusahkan. Nanti kalau kencing, susah minta ampun" Tambahnya. Ungkapannya itu yang langsung membuat saya merinding.  

Ternyata saya baru tahu, kalau ginjal saya selama ini terlalu bekerja keras. Sementara cairan berupa air minum tidak terpenuhi. Sejak itu, saya sangat takut kalau melihat warna air seni saya berubah warna kuning pekat kecoklatan. Saya bersyukur sudah ada yang ingatkan. Kalau tidak, mampus dah saya.

Nah, bagi Anda yang males  minum air, Insyaflah. Segera biasakan diri untuk soal asupan air ke tubuh. Sebab kita harus pahami bahwa ternyata  Air minum adalah salah satu kebutuhan wajib, "Fardu Ain" malah bagi setiap orang. Sebab, air adalah salah satu elemen penting yang menjaga ketahanan tubuh. Sekitar 60%  tubuh kita ini terbentuk oleh air. Jadi, minum air bukan semata-mata sekadar menghilangkan haus, tapi lebih menekankan pada fungsinya sebagai cairan yang akan melarutkan racun dari organ vital tubuh kita. Sehingga, tubuh bisa lebih kuat dan bertenaga, tidak mudah terserang penyakit.

"...Sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan" tulis klikdokter.com, pada 15 september 2013.

Berdasarkan hal ini, maka minum air bersih menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Akan tetapi, kita tetap harus waspada. Jangan sampai sembarangan minum air, apalagi tidak sesuai standar kesehatan. Bisa jadi, air yang kita minum malah akan menambah ganasnya racun yang bersarang di dalam tubuh. Untuk itu, alangkah baiknya kita lebih banyak membaca informasi terkait air layak konsumsi ini. Banyak ko infonya bertebaran di internet atau blog -blog. Kita tinggal ketik kata kunci, insya Allah, Ustad Google akan siap melayani.

Setiap tegukan air yang masuk ke dalam tubuh kita itu sangat berarti. Karena setiap tegukan air itu akan masuk dan menyebar ke bagian tubuh kita. Distribusi itu antara lain; otak, 75 %, jantung 75 %, paru-paru 86%, hati 86%, ginjal 83%, otot 75%, darah 83 % dan 22 %.  Presentasi distiribusi air dalam tubuh ini harusnya kita sadari, biar kita juga termotivasi untuk minum air. Kalau kita salah milih air minum, tuh semua organ yang saya sebutkan di atas bakalan cepat K.O

Fotoku Lagi Narsis Bersama Pure it

Saya mulai menyadari bahwa ternyata kesehatan tubuh adalah intan termahal dalam hidup ini. Kita semua tahu itu. Tapi nyatanya, masih banyak juga kita sering menghemat berlebihan jika soal kesehatan. Misalnya melakukan pengematan dengan mengkonsumsi air hasil masak. Saya kira hal ini wajar, tapi ingat lhoe, pengaruhnya kepada tubuh juga bisa fatal. Apalagi kalau air hasil masakan kita itu dimasukan ke dalam jumbo, wadah yang terbuat dari bahan karet. Dan tanpa kita sadari, ternyata karet itu mengembang dan mengeluarkan zat kimia. Alhasil, racun bercampur dengan air masak tadi. Lalu kita dengan senang hati mengkonsumsinya. 

Kira-kira Anda  sudah membayangkan, penyakit apa yang akan mengincar kita kalau hal ini terus berulang?

Ternyata setelah dimasak, air itu juga masih menyisahkan kotoran. Saat kita menunggu dia dingin, ada tuh  kotoran berupa kecoklatan yang ada di bawah sebuah wadah. Kita sering melihat ada endapan kotoron. Itu juga masih belum sterile lhoe!!, Jadi, stop dah sering memasak air. Hanya akan membuat kita capek saja. Ditambah lagi kita akan terbebani dengan biaya gas yang semakin meroket, tentu budget  untuk air minum pun akan semakin membengkak. 

Saya ingin bertannya, apakah Anda rela memasak air selamanya? Ya sepanjang hidup Anda? tentu  tidak semua kita bisa melakukannya. Terutama bagi kita yang punya aktivitas padat di kantor atau sebuah instansi. 

Bagaimana kalau diserahkan ke pembantu? Ya! kalau diserahkan ke pembantu terkadang juga asal-asalan. Air yang harusnya di panaskan 100 derajat celcius, karena dia malas, akhirnya air dimasak tidak sampai pada prosedur, endingnya kita juga yang jadi korban. 


Sumber  kompas.com : Santri sedang memasak air, pagi hari, di Pondok Pesantren Al-Furqon Muhammadiyah Cibiuk-Garu

Selain memanaskan air, banyak juga kita yang super "rakus"   untuk  membeli air dari depot. Kita memang sudah terlalu percaya sepenuhnya bahwa depot itu bersih. Sekarang saya mau tanya, apakah Anda tahu dari mana asal air yang mereka gunakan? bagaimana air itu di proses? bahkan ada yang sering curang, seperti mengambil air dari yang tidak steril, lalu diproses, alih-alih mengambil untung banyak. Tentu hal ini akan memberi kita rasa "Ngeri" dan traumatis yang dalam. Belum lagi dampaknya terhadap lingkungan. Oh sungguh menakutkan.

Kelakuan depot air kadang suka  mekspoitasi air besar-besaran. Akibatnya cadangan sumber air alam semakin berkurang. Saya kira hal ini bisa saja terjadi. Karena  memang depot adalah lahan bisnis, dia adalah indutri, wajar jika semakin lama, jumlahnya pun akan bertambah, merambah dan mewabah. Maka akibatnya pun terjadi ketimpangan sosial di mana-mana. Di lain sisi, sebagian orang mengalami kekurangan air, sementara yang lainnya enak-enakan sendiri. Iya kan?

Demi mencegah masalah itu, kita tentu harus berpikir bagaimana segala masalah di atas tidak menjadi polemik yang akan menambah deretan "tugas" pemerintah dalam menyediakan layanan air bersih. Kita harus berinisiatif untuk melakukan perubahan pola hidup. Melakukan berbagai penghematan dalam rumah tangga, termasuk konsumsi air. Dengan cara, kita sendiri yang membuat air minum layak konsumsi itu. Caranya? 

Cukup dengan menggunakan teknologi seperti Pure it Marvella  dan mengacu pada standar kesehatan sebuah air yang layak konsumsi. Saya kira kita akan aman dari segala krisis air bersih dan tidak perlu takut dengan kualitas  air yang kita konsumsi. Karena pure it Marvella menjadi teknologi terbaru yang bisa melakukan pemurnian air dengan ketat dan berkualitas. Standar kesehatan air yang dihasilkan pun sesuai keputusan kementrian kesehatan.

Nah, untuk memahami standar kesehatan tentang air minum, Alangkah baiknya kita membaca peraturan Mentri Kesehatan tentang  persyaratan kualitas air minum. Hal ini tertuang dalam permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010 pada pasal 3 :

"Air minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan fisika, microbiologis, kimiawi dan radioaktif, yang dimuat dalam parameter wajib dan para meter tambahan."

Persyaratan Fisika
  • Tidak Berwarna/Jernih ; Air belum ada proses kimia lainnya. Seperti penambahan warna dan pemanis sehingga menjadi sebuah produk minuman. Tentu yang dimaksud air yang kenrih yang bebas dari kuman dan bahan kimia lainnya. 
  • Tidak berbau ; Air yang masih bersih tenu dia tidak berbau. Dia akan terasa fresh. Jika air yang sudah bau, biasanya sudah tercampur bakteri atau bahan kimia, sehingga ada proses pembusukan. 
  • Rasanya alami, atau pure it from the natural ( Asli dari Alam ) 
Persyaratan Biologis
  • Air yang bersih harus bebas dari kuman berbahaya seperti bakteri E Coli dan caliform
Persyaratan Kimiawi
  • Air bersih belum ada campuran kimia apapun. Belum ada campuran dari bahan lain, ia masih bersifat alami. Namun, perlu dicatat bahwa alami yang dimaksud bukanlah air yang berasal dari alam kemudian langsung dikonsumsi. Persyaratan ini adalah hanya merujuk pada sifat kimiawi dari air yang masih bersih. 
Sekarang ini, dengan kemajuan teknologi, air bersih sudah lebih mudah untuk diproses. Tidak perlu lagi harus bolak-balik ke warung hanya untuk memebeli air mineral. Dengan memanfaatkan teknologi Pure it Marvella, yang ramah lingkungan, simple dan bisa ditaruh di rumah, kita sudah bisa menikmati air minum bersih yang layak dikonsumsi tanpa ada keraguan lagi. Karena semua proses air bersih sudah di rumah sendiri, dan kondisi airnya pun kita yang lebih tahu. Jadi tidak perlu khawatir lagi.

Unilever pure it Marvella adalah adalah teknologi tepat untuk soal air bersih saat ini. Ia mampu menjawab tantangan hidup sehat dengan air yang menyehatkan tubuh. Teknologi  ini adalah alat canggih yang mampu memurnikan air dari  kuman-kuman ganas yang akan menimbulkan penyakit. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan air keran di rumah, kita gunakan Pure it Marvella, maka air minum layak konsumsi bisa kita dapatkan dengan proses teknologi moderen.

Teknologi Unilever Pure it Marvella ini tidak meragunkan lagi. Alat ini telah mendapatakan pengakuan secara nasional bahkan Internasional. Seperti EPA (Environmental Protection Agency), Amerika Serikat dan juga sudah teruji di Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Unilever Laboratory. ( Sumber : Unilever Pure it )

Teknologi Pure it Marvella akan melakukan pemurnian Air dengan empat tahap antara lain;
  • Filter Sedimen ; Menghilangkan kotoran yang terlihat 
  • Filter Karbon Aktif ; Menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau 
  • Filter Sedimen Plus; Menghilangkan partikel karbon dan sisa kotoran
  • Sinar UV Intensitas tinggi; Menghilangkan kuman, parasit, dan bakteri berbahaya

Dengan memanfaatkan teknologi ini, kita akan melakukan penghematan untuk biaya konsumsi air minum. Jika misalnya kebutuhan air kita 8 gelas per hari. Maka kita harus membeli "air Mineral" Kemasan 7 ribu per liter dalam bentuk botol kemasan. Maka selama 30 hari kita sudah menghabiskan biaya minum air bersih 210 ribu per bulan setiap orang. Kalau anggota keluarga kita ada 4 orang, maka uang yang dipakai untuk air minum bisa mencapai 840 ribu per bulan. Tentu biaya ini cukup mahal.

Jika kita menggunakan Pure it Marvella, maka kita akan melakukan pengehmatan besar. Harga pure it hanya 2,5 jutaan dan ada yang hanya ratusan ribu, tergantung ukurannya. Asyiknya  lagi, alat ini bisa dipakai sepuasnya. Kita hanya  tinggal memikirkan alat kecil bernama, Germ Kill Kit atau perangkat pembunuh kuman yang mampu melakukan pemurnian air sebanyak 3000 liter. Setelah melakukan pemurnian sejumlah 3000 liter, kita harus mengantinya alat itu dengan yang baru, agar proses pemurniannya bisa berfungsi dengan baik. Dalam hitungan sederhana, jika kita menggunakan teknologi yang satu ini, maka kita bisa melakukan penghematan biaya air minum bersih sekitar 225 ribu sampai jutaan rupiah. Ya! semua akan tergantung dengan dengan konsumsi air kita. Jadi, kalau ada yang mudah, mengapa harus mencari yang sulit dan super ribet? 



Fitur Unilever pure it Marvella
  • Advance Alert System Memberi petunjuk 150 liter sebelum filter GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang). Asumsi 2 liter/ orang/ hari
  • Auto shut off Menghentikan aliran air ketika lampu UV atau komponen penting lain dalam Pureit Marvella tidak berfungsi.
  • Kapasitas Penyimpanan 4 Liter.
  • Perlindungan fluktuasi tegangan listrik Untuk mencegah kerusakan akibat perubahan tegangan yang tiba-tiba.
Untuk memahami jumlah kebutuhan air kita setiap hari, Dr.dr. Inge Permadhi, MS, SpGK selaku Unit Jejaring dan Humas Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menjelaskan bahwa setiap kita memiliki kebutuhan air berbeda-beda.

"Kebutuhan air untuk anak-anak itu sekira 1.100 mililiter sampai 1.600 mililiter per hari untuk perkiraan umur dua tahun sampai sembilan tahun. Kemudian kebutuhan untuk mendapat status hidrasi padan anak tergolong remaja ialah 1.800 sampai 2.200 mililiter untuk laki-laki, sementara untuk wanita 1.900 sampai 2.100 mililiter. 

Semua kecukupan asupan air mineral itu, dari umur 10 tahun sampai 18 tahun. Sementara untuk dewasa itu sekira 2.300 sampai 2.500 mililiter agar tidak terdehidrasi, dimana kebutuhan itu untuk seseorang yang sudah berumur 19 tahun sampai 64 tahun,"Katanya, dalam acara yang bertema Tingkatkan Status Hidrasi Masyarakat Menuju Indonesia yang Lebih Baik, di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia lantai 2, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013) sebagaimana dikutip oleh health.okezone.com 

Bagi Anda yang ingin belajar bagaimana panduan air bersih yang sesuai dengan standar internasional silahkan download panduan yang dirilis oleh World Health Organitation. 
Jika ingin melihat video proses pemurnian air dengan teknologi Unilever pureit Marvella, silahkan tonton video berikut : 



Dari jumlah kebutuhan ini, maka teknologi pemurnian air, "Unilever Pure it Marvella" adalah solusi yang bisa digunakan. Jika penasaran soal teknologi ini, mungkin Anda bisa menghubungi Unilever Pureit Marvella ;


Referensi  Tulisan : 
* World Healthy Organitation : www.who.int 
* Blog Dokter : www.klikdokter.com 
* Health.okezone.com 
* www.pureitwater.com
Sumber Gambar : www.kompas.com 
* Sumber Gambar : www.tohazakaria.com